Pages

Thursday

Kegemukan dan kelebihan berat badan,

Kegemukan didifinisikan sebagai kelebihan lemak badan.
Badan anda terdiri atas air,lemak,protein,karbohidrat dan berbagai macam vitamin dan
mempunyai problem berrisiko tinggi atas kesehatan anda,termasuk tekanan darah tinggi,kolesterol tinggi dalam darah,diabetes,penyakit jantung dan stroke.
Kegemukan sekarang diakui sebagai factor utama penyebab penyakit jantung koroner,yang bisa mengakibatkan serangan jantung.
  • Beberapa penyebab telah diketahui,tetapi ada juga yang belum diketahui.Sebagai contoh,kegemukan :
  • Meningkatkan tingkat kolesterol dan triglyceride darah,
  • Menurunkan kadar kolesterol baik HDL,yang dikaitkan dengan risiko rendah terkena serangan jantung,
  • Meningkatkan tekanan darah tinggi,
  • Bisa meyebabkan diabetes,pada sementara orang risko ini cepat
    sekali membangkitkan serangan jantung.
Sekalipun tidak ada effect yang merugikan pada factor risikonya,kegemukan sendiri memberi tambahan pada factor risiko.Kegemukan juga memiliki banyak akibat yang membahayakan diluar akibat pada jantung dan system saluran darah.Dia juga penyebab utama batu ginjal dan dapat memperburuk penyakit  persendian.
Kegemukan terutama disebabkan karena terlalu banyak menyantap makanan berkalori tinggi dan tidak cukup ber-olah raga.
Bilamana pemasukan kalori berlebihan,sering dar kelebihan tersebut berupa lemak jenuh,yang kemudian dapat meningkatkan kolesterol darah.Kolesterol pada makanan boleh jadi juga tinggi.Jadi kegemukan menyebabkan risiko koroner yang tinggi dengan berbagai macam cara.
Bahan : AHA publications.


Mengelola berat badan 
ialah menjaga berat badan agar tetap pada tingkat yang dikehendaki.
Bagaimana menentukan berat badan yang diinginkan ?
Terlampau berat

Terlampau berat
atau kegemukan adalah sebutan yang digunakan untuk menjelaskan keadaan berlebih berat badan.Tetapi keduanya tidak sama artinya.
Terlampau berat bisa berarti memiliki badan yang sangat berat tetapi tidak selalu berarti memiliki lemak badan yang berlebih.
Sedangkan kegemukan berarti badannya memiliki lemak secara berlebihan,tanpa perduli berapa berat badan yang sebenarnya.

Terlampau berat bisa berarti banyak otot,karena daging yang tidak berlemak.
Seseorang bisa kegemukan atau memiliki berat badan tidak seimbang dengan tingginya karena badannya memiliki lebih banyak lemak.
Seorang atlet bisa saja memiliki berat badan lebih dari perhitungan berat badan sehat,tetapi tidak bisa disebut kegemukan karena sebagian berat badannya terdiri atas otot bukan lemak.
Mengelola berat badan untuk mereka yang memiliki kelebihan berat adalah termasuk melakukan olah raga secara berkelanjutan dan mengawasi jumlah makanan yang dimakannya.

Berat dibawah normal

Anorexia nervosa dan bulimia adalah beberapa penyakit yang berkaitan dengan makan yang mengakibatkan perubahan bentuk tubuh secara negatif.
Anorexia nervosa adalah penyakit yang mengakibatkan seseorang  makan dalam jumlah yang sangat sedikit sehingga membahayakan dirinya sendiri karena dia akan kehilangan berat badan dengan cepat dan akhirnya dapat mati kelaparan.Penyakit ini umumnya dijumpai pada remaja wanita,tetapi dapat juga menimpa laki laki,anak anak dan orang dewasa.
Bulimia, adalah makan secara berlebihan yang dibarengi dengan muntah muntah dan sering dikaitkan dengan anorexia nervosa.Biasanya tidak terdapat tanda tanda yang jelas kehilangan berat badan dan kondisinya juga biasa biasa saja hingga satu saat yang bersangkutan sendiri mengeluh ada sesuatu yang kurang beres pada dirinya dan perlu bantuan.
Dengan sengaja mengurangi berat badan dapat membuat seseorang menjadi kurus dan memiliki berat dibawah normal yang dapat berbahaya.Untuk mereka  ini,mengelola berat badan termasuk menjaga masukan makanan yang cukup untuk mencegah penurunan berat badannya.
Bagaimana mengetahui anda kelebihan berat atau berat dibawah normal ?
Prosentase dari lemak badan dapat dihitung oleh ahli gizi atau phisiolog olah raga.

Cara mudah untuk mengetahui berat badan serasi anda,adalah dengan menggunakan rumus berikut  :
Perempuan : 45 kg untuk 155 cm tinggi pertama dan tambahkan 2.5 kg setiap tambahan tinggi 30 cm.
Laki laki : 48 kg untuk 155 cm tinggi pertama dan tambahkan 3 kg setiap tambahan tinggi 30 cm
Untuk bentuk tulang yang kecil dapat dikurangi 10% dari jumlah berat tersebut diatas sedangkan yang memiliki tulang agak besar dapat ditambahkan 10% dari jumlah berat tersebut diatas.
Kalori untuk mempertahankan berat badan
10 kalori untuk setiap 0.5 kg berat badan yang diinginkan bila orang tersebut jarang bergerak atau sangat gemuk.
13 kalori setiap 0.5 kg berat badan yang diinginkan  untuk mereka yang kurang kegiatan atau setelah melewati usia 55 tahun.
15 kalori setiap 0.5 kg berat badan yang diinginkan untuk mereka yang mempunyai kegiatan sedang sedang saja.
18 kalori setiap 0.5 kg berat badan yang diinginkan untuk mereka yang mempunyai kegiatan berat.
Tingkat kegiatan
Kegiatan berat,yaitu melakukan kegiatan olah raga yang bersemangat selama 60 menit atau lebih.4 sampai 5 hari dalam seminggu.
Kegiatan sedang sedang saja, yaitu melakukan kegiatan olah raga seperti berenang,jogging atau berlari cepat, 30 sampai 60 menit setiap kalinya.
Kegiatan rendah, yaitu kegiatan tanpa terencana,berkelanjutan,yaitu sekali sekali pada liburan akhir pekan atau setiap minggu saja (seperti main golf atau tennis untuk rekreasi).
Diet seimbang

Jangan
makan daging lebih dari sekali dalam seminggu.Ikan laut/darat dan ayam dianjurkan dibanding daging merah atau daging kalengan karena lebih sedikit mengandung lemak.
Hindari makanan yang digoreng,karena makanan anda itu menyerap lemak dari minyak goreng sehingga menambah masukan lemak anda.Sebaiknya anda membakar di panggangan atau di-oven,bila terpaksa harus menggoreng juga, gunakan minyak goreng tak jenuh ganda seperti minyak jagung.
Kini dipasaran mulai banyak pilihan minyak goreng yang telah diproses sehingga lebih banyak mengandung komponen tak jenuh-nya baik ganda atau tunggal,(Baca artikel tentang lemak) ketimbang komponen yang jenuh.
Sekalipun begitu,membiasakan menggunakan minyak goreng seperlunya adalah merupakan kebiasaan yang berdampak baik bagi kesehatan
Kurangi konsumsi garam anda,baik garam meja ataupun bumbu masak peningkat rasa yang mengandung monosodium glutamate (MSG).(Baca artikel : garam !).
Serat yang cukup pada makanan anda sangatlah penting.Serat dijumpai pada sayuran daun,buah,kacang kacangan,bekatul,sayuran umbi dan biji bijian seperti beras dan gandum.
Jangan mengkonsumsi telor lebih dari empat butir dalam seminggu.Selain merupakan sumber yang kaya akan protein dan lemak jenuh yang rendah,telor juga sangat tinggi kandungan kolesterolnya,karena alasan itu sebaiknya dihindari.
Pilih buah segar untuk cuci mulut daripada kue basah,kering atau pudding.
Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik,apakah itu kalori atau jenis jenis makanan tertentu.Makanan yang berimbang dengan variasi dan kreativitas penyajian baik dan dapat meningkatkan selera.
Ikhtisar dari anjuran untuk mengelola berat badan anda

Aerobik – olah raga akan membantu meningkatkan jaringan otot dan membakar kalori.Olah raga sebaiknya dibuat berimbang dengan makanan untuk menjaga berat badan pada tingkat tertentu.
Merubah kebiasaan makan secara perlahan lahan dapat membantu untuk perubahan gaya hidup yang permanen.
Hindari minuman keras atau minum secara berlebihan

No comments:

Post a Comment